Logo Pemasyarakatan

Logo Pemasyarakatan

Sabtu, 18 Februari 2017

UPACARA HARI SENIN DAN HARI KESDARAN NASIONAL SEBAGAI BAGIAN DARI PEMBINAAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Pembinaan berbangsa dan bernegara merupakan salah satu pembinaan yang dilaksanakan di LPKA Klas I Kutoarjo dalam rangka menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, nilai-nilai Pancasila, dan rasa cinta serta rasa memiliki tanah air yang tercinta ini, Indonesia. Dalam pelaksanaannya, pembinaan berbangsa dan bernegara diwujudkan dalam bentuk Upacara hari Senin yang mana diikuti oleh seluruh Anak, dan Upacara Kesadaran Nasional setiap tanggal 17 di setiap bulannya dikuti oleh semua Anak dan pegawai. Selain kedua upacara tersebut, di LPKA juga dilaksanakan upacara-upacara maupun apel lain dalam rangka memperingati Hari Besar Nasional maupun intern Kemenkumham.

Pelaksanaan Upacara Hari Kesadaran Nasional di LPKA Klas I Kutoarjo

Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Senin, seluruh petugas upacara dan peserta upacara adalah Anak itu sendiri dengan bergantian sebagai petugas upacara setiap 2 minggu sekali dengan diawasi dan dibina oleh petugas. Hal ini bertujuan untuk memberikan keadilan dan juga pemahaman terhadap Anak-anak betapa sulitnya menjadi petugas, pada saat menghafal ucapan, menyamakan langkah, mengibarkan bendera Merah Putih dan lain-lain upacara sehingga mereka tidak saling meremehkan satu sama lain. Pada saat awal menjadi petugas upacara sebagian besar Anak takut dan ragu akan kemampuan mereka bahkan ada yang baru pertama kali dalam hidupnya menjadi petugas upacara. Akan tetapi, dengan berjalannya waktu dan kesabaran serta keuletan pelatih maka, Anak-anak sudah mulai terbiasa dengan menjadi petugas upacara. Hal itu dibuktikan dengan tegas dan cakapnya mereka saat menjalankan tugas. Bahkan, saat dibentuk tim formasi Pengibar Bendera, meraka mampu malaksanakannya dengan baik.

 

Selain Upacara Hari Senin, dilaksanakan pula Upacara Hari Kesadaran Nasional yang rutin dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulannya. Pada upacara ini, Anak bukan hanya sebagai peserta upacara namun juga dilibatkan dalam bertugas yaitu menjadi  pembaca Catur Dharma Anak Didik Pemasyarakatan.




Dengan adanya pembinaan berbangsa dan bernegara diharapkan Anak-anak di LPKA Klas I Kutoarjo dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cinta tanah air dan dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang berguna bagi bangsa dan negara serta mengharumkan nama Indonesia.

(gaal)



GALERI :





0 komentar:

Posting Komentar